Rumus Yamaha Jupiter Z Dapat Best Time 8,2 Detik
Penulis : Candra
Foto : Candra
Rizky Faridianto bisa
dibilang mekanik yang punya pemikiran pas untuk racikan Yamaha Jupiter Z
milik M Priyo warga Kediri, Jawa Timur. Buktinya, lewat pembalap
andalannya Ricko Bochel yang pakai rumus Yamaha Jupiter Z dapat best time 8,2 detik di semua sirkuit!
Sesekali, di salah satu event pernah menyentuh best time 8,1 detik. “Kuncinya hanya main di porting saja kok, bahan bakar yang diledakan harus seimbang supaya power bisa maksimal,” terang mekanik SJRT Ngeri Ngerong asal Kediri ini.
Tuh dia rumus Yamaha Jupiter Z dapat best time 8,2 detik. Bagian piston sengaja dijejali milik Kawahara Racing yang berdiameter 55,25 mm dengan dome
disesuaikan untuk mengimbangi rasio kompresi mesin. Maka itu, bibir
piston dibikin mendem sekitar 0,4 mm dari bibir liner. “Kepala silinder
juga dipapas supaya lebih padat ketika bercampur dengan bensol dan udara
yang dibakar,” jelasnya dengan menyebutkan lebar kubah head 41 mm.
Hasil konsultasi dengan Dodo pemilik Charlos Tech asal Solo, Jawa Tengah, ditentukan gigi rasio rumus Yamaha Jupiter Z dapat best time 8,2 detik dengan
perpaduan Gigi I, 13/34. Lalu gigi II, 18/32. Gigi III, standar.
Sedangkan gigi IV pakai 23/26 mata. Hasilnya, tiap perpindahan gigi
selalu bertenaga. “Terakhir dengan perbandingan final gir set 13/33
mata, menjadikan kesempurnaan power dari bawah sampai atas,” terang
mekanik yang juga pernah menjajal kelas Bracket 9 detik ini.
Bagian ini bisa dijadikan penentu tiap
perpindahan gigi Jupiter 130 cc ini dengan pergantian kopling set.
Termasuk, rumah kopling milik Suzuki Satria R yang diyakini bisa membuat
kampas kopling lebih awet ketimbang pakai Suzuki FR. “Hanya mengubah
bagian belakang rumah kopling saja, sedangkan gigi sekundernya masih
pakai milik Jupiter. Hasilnya bisa dipakai sampai setengah tahun nih,”
bangga warga Kediri ini. (www.motorplus-online.com)
Data Modifikasi :
Karburator : Keihin PWK 28
Pilot/ main jet : 65/ 112
CDI : Rextor Pro Drag
Knalpot : AHRS F4 Karbon
Ban : Eat My Dust
Koil : Yamaha YZ125
Magnet : Yamaha Vega
Knalpot : AHRS F4 Karbon
0 komentar:
Posting Komentar