Selasa, 16 Februari 2016

RUMUSAN JUPITER Z BEST TIME 8,2 DETIK

Rumus Yamaha Jupiter Z Dapat Best Time 8,2 Detik


Penulis : Candra
Foto : Candra

rumus Yamaha Jupiter Z dapat best time 8,2 detik
Rizky Faridianto bisa dibilang mekanik yang punya pemikiran pas untuk racikan Yamaha Jupiter Z milik M Priyo warga Kediri, Jawa Timur. Buktinya, lewat pembalap andalannya Ricko Bochel yang pakai rumus Yamaha Jupiter Z dapat best time 8,2 detik di semua sirkuit!
Sesekali, di salah satu event pernah menyentuh best time 8,1 detik. “Kuncinya hanya main di porting saja kok, bahan bakar yang diledakan harus seimbang supaya power bisa maksimal,” terang mekanik SJRT Ngeri Ngerong asal Kediri ini.
Tuh dia rumus Yamaha Jupiter Z dapat best time 8,2 detik. Bagian piston sengaja dijejali milik Kawahara Racing yang berdiameter 55,25 mm dengan dome disesuaikan untuk mengimbangi rasio kompresi mesin. Maka itu, bibir piston dibikin mendem sekitar 0,4 mm dari bibir liner. “Kepala silinder juga dipapas supaya lebih padat ketika bercampur dengan bensol dan udara yang dibakar,” jelasnya dengan menyebutkan lebar kubah head 41 mm.
Hasil konsultasi dengan Dodo pemilik Charlos Tech asal Solo, Jawa Tengah, ditentukan gigi rasio rumus Yamaha Jupiter Z dapat best time 8,2 detik dengan perpaduan Gigi I, 13/34. Lalu gigi II, 18/32. Gigi III, standar. Sedangkan gigi IV pakai 23/26 mata. Hasilnya, tiap perpindahan gigi selalu bertenaga. “Terakhir dengan perbandingan final gir set 13/33 mata, menjadikan kesempurnaan power dari bawah sampai atas,” terang mekanik yang juga pernah menjajal kelas Bracket 9 detik ini.
Bagian ini bisa dijadikan penentu tiap perpindahan gigi Jupiter 130 cc ini dengan pergantian kopling set. Termasuk, rumah kopling milik Suzuki Satria R yang diyakini bisa membuat kampas kopling lebih awet ketimbang pakai Suzuki FR. “Hanya mengubah bagian belakang rumah kopling saja, sedangkan gigi sekundernya masih pakai milik Jupiter. Hasilnya bisa dipakai sampai setengah tahun nih,” bangga warga Kediri ini. (www.motorplus-online.com)
Data Modifikasi :
Karburator : Keihin PWK 28
Pilot/ main jet    : 65/ 112
CDI  : Rextor Pro Drag
Knalpot   : AHRS F4 Karbon
Ban : Eat My Dust
Koil      : Yamaha YZ125
Magnet    : Yamaha Vega
Knalpot   : AHRS F4 Karbon

0 komentar:

Posting Komentar